Sabtu, 16 Oktober 2010

jejak 12 "belajar,,belajar,,belajar"




maklumlah pemula. yach .. yang namanya pemula pasti perlu belajar ini itu. alhasil jadinya buka sana buka sini. liat sana liat sini dey. cuma tersenyum-senyum saat membaca sesuatu yang ga tau mesti komentar apa. cuma bisa bilang *betul betul betul (gaya upin ipin) pas nemu tulisan yang menurut gw benar dan sesuai ma cara pandang gw. atau mungkin berpikir keras saat gw emang bener-bener ga ngerti sama yang sedang gw baca.

maklumlah lagi belajar. belajar memahami apa yang akan ditulis. belajar merangkai satu dengan yang lainnya. belajar menghargai apa yang ditulis orang lain. belajar membaca secara cermat setiap hasil orang lain. belajar mengeja makna yang terkadang hanya tersirat saja. pokoknya mah belajar ,, belajar ,, dan belajar lah.

ada penulis dengan idealisme yang tinggi. kadang ada juga yang menyentuh hati. ada malah yang bikin gw kesel pas bacanya. pokoknya campur aduk dah kaya gado-gado. (namanya juga banyak tulisan)

seneng sey karena masih diberi umur sehat untuk menikmati selancar para penulis di dunia maya. seneng banged malah melihat wajah-wajah hasil goresan mereka. entah kalo gw ga belajar, pasti gw ga akan tau ini semua.

**
huruf-huruf itu menggelantungi tiap pena
bukan untuk didiamkan
mereka itu anak manja
mereka ingin bermain dan berkelakar


bukan cuma belajar menulis huruf dan merangkai kata yang kutemukan. lebih bahkan lebih dari itu. menghargai. menghormati. tersenyum. ramah. itu hal lain yang gw tau.

ga banyak sebenarnya buku yang udah gw baca. ga banyak hasil karya orang yang gw baca. tapi sedikit banyak gw coba ambil hikmah yang coba disampaikan. dan apa sey sebenarnya maksud semua itu ditulis. dan kenapa kita mesti baca.


***

nulis sama rumitnya dengan berbicara. ada seni tersendiri pada kenyataannya. bukan asal corat coret ini itu. takjub pada semua penulis baik yang pernah nulis novel, dongen, cerpen, puisi, artikel, bahkan buku ilmu pengetahuan. TOP BANGED dey pokoknya.

menulis adalah kebebasan tersendiri bagi sang penulis. sebuah dunia lain yang tercipta dari pikiran-pikiran cemerlang. tapi dibalik itu semua gw sendiri berpendapat menulis itu harus seimbang. ga boleh asal nulis. mesti dipikir dulu kalo nulis. ga boleh nyinggung sana sini. tapi juga harus menghormati tulisan yang lain.

tiap orng punya gaya sendiri untuk berekspresi. jadi ga usah dey namanya caci maki. sindir menyindir. atau ampe perang lewat tulisan.

**
dulu cuma gara-gara sebuah note yang gw tulis di jejaring sosial, bikin banayk pihak yang salah paham.
ada yang bilang gw nyindir mereka karena sebuah alasan yang pada saat itu memang ada sesuatu yang akan dilakukan.
tapi jujur bukan itu yang gw maksud.
ga ada satupun niat gw buat nyindir.
itu gw tulis karena mud gw yach emang buat bikin tulisan itu.
dan setelah gw baca ulang pun emang ga ada terbersit hal itu.
habis itu gw jadi males banged buat nulis.
untuk apa nulis kalo akhirnya bikin rusuh.
hahahaha


tapi akhirnya gw sadar. itu seharusnya jadi pemicu gw buat tetep nulis. toh semua udah clear. ga mesti gw cuma duduk terdiam terpaku begitu aja.

akhirnya gw coba nulis lagi dan ternyata ini salah satu dunia gw. seneng banged setiap gw abiz nulis. terserah mau ada yang baca apa ga. yang penting gw nulis apa yang emang gw pengen tulis. tapi tetep dalam konten yang sesuai jalurlah.

**
aku memang sendiri
dalam tiap lembarku terkadang hanya kosong yang ku temukan
aku memang sendiri
dalam diam memangku sendiri

hingga tersadar
aku bertemu lagi dengannya
dan dia mengajakku berkencan
aku tak sendiri

dan kini
aku tak sendiri lagi

***

Tidak ada komentar: