Sabtu, 29 Oktober 2011

BDP BCA ... part 1

Kamis, 13 Oktober 2011
@ BCA Wisma Asia 1 Lt 19 Jl. S Parman Kav 79 Slipi Jakbar

Pagi Guys !!!

Hari ini untuk ke 3 kalinya gw berada di gedung yg sama. Dan tentunya untuk melakukan hal yg sama pula, yupz gw di sini untuk tes agar gw bisa masuk setiap harinya ke sini untuk mencari sesuap nasi dan sebongkah berlian serta segudang rahmat dan rezeki dari Nya. Kenapa gw bilang untuk ke 3 kalinya, yach karena dulu waktu SMA gw juga udah pernah datang ke tempat ini untuk melakukan psikotest juga dengan tujuan lolos PPA (Program Pendidikan Akademik) dari BCA. Dan alhamduLILAH gw bisa lolos psikotestnya dan lanjut ke step wawancara, namun blom jodoh kli ya. Alhasil gw mesti rela ga dapet PPA BCA 5 tahun lalu.



Ini syarat-syarat buat daftarnya ...

Nah ini tahapan-tahapannya ...


Dan untuk tahun ini gw mencoba lagi dengan tujuan yg sama namun beda lulusan, sekarang gw mau mencoba masuk ke program BDP BCA yg mensyaratkan gw harus lulusan S1. (Yach intinya sey ga jauh beda sama PPA, yg mensyaratkan kita mesti belajar lagi di BCA sebelum kita di terima bergabung di sana).
Upz, kayaknya cukup dey basa basinya untuk kali ini, dilanjut ntar ja kli yach. Orang-orang dari tim psikolog yg mau ngetest udah datang. So dilanjut ntar lagi critanya … :)

Siiiiiinnggg ,, hening sepi semua mulai ngerjain test nya masing-masing …
(setelah 2,5 jam berlalu dari jam 9 pagi akhirnya slese juga ney test)

Fiuh ….. finally slese juga psikotest tahap satu untuk masuk ke salah satu bank bonafit ini. Untuk psikotest pertama ini gw ngerjain dengan santai karena menurut gw soalnya sama kaya soal psikotest pada umumnya. (Apa perasaan gw doang kli yach, secara sebelumnya gw udah pernah ikut tes semacam ini dulu waktu SMA, gw ikut tes semacam ini buat masuk PPA di bank ini juga). Tapi emang tesnya cukup mudah kok, soal psikotest semacam ini bisa dilatih lewat soal-soal psikotest online atau buku psikotest yg di jual di pasaran. Soal yg menurut gw paling bikin ngantuk adalah tes ngitung angka yg mesti dikerjain dalam waktu tertentu, tes ini biasa dikenal dg nama tes Pauli. Gw ngerjainnya sampe ngantuk setengah mati, bukan karena susah ngitungnya tapi lebih karena kertas soalnya yg segede kertas koran klo lagi dibuka, kebayang ga sey sebanyak apa tuch angka-angka ??? Dan semua isi kertas itu adalah angka, bolak balik lagi.

Klo bisa gw rangkum sey ney psikotest yg gw jalanin, klo salah yach ..
-Tes Potensi Akademik
-Tes Pengetahuan Umum
-Tes Verbal
-Deret Gambar
-Tes Pauli
-Tes Wartegg
-Gambar pohon
-Edwards Personal Preference Schedule

Pas slese ngantuk gw hilang, hhmmm kebiasaan banged dey ney temen gw yg satu ini. Dan setelah ini gw mesti nunggu pengumuman apakah gw akan lolos ke psikotest ke 2. (Nunggu adalah salah satu hal yg paling ga gw suka, tapi mau gimana lagi, toch ini buat nunggu penentu masa depan dan karir gw, hehehe..

Selama nunggu 1,5 jam dengan ditemani paket makan siang dr D’Cost dan menghabiskan waktu di mushola lantai 20. Akhirnya pengumuman yg ditunggu oleh 120 orang peserta psikotest hari itu keluar juga. AlhamduLILLAH gw akhirnya lolos sebagai peserta yg masuk ke psikotest II, I’m a lucky girl today..

Jam 13.15 gw masuk ruangan ujian psikotest tahap ke II, soal kli ini gw cuma disuruh ngerjain 225 soal yg menggambarkan tentang sifat gw ditambah dengan tes menggambar. Awalnya gw pikir udah slese dan bisa langsung pulang setelah tes menggambar. Namun ternyata ada wawancara tambahan dari badan psikolognya. Wawancaranya simple kok, hanya seputar memperkenalkan diri kita dan beberapa pertanyaan tambahan.

And finally hari ini slese juga. Melelahkan tapi memuaskan, karena hari ini bisa melakukan sesuatu yg bermanfaat untuk masa depan gw. Syukurlah hari ini bisa terlewati dengan lancar dan sukses.

Semoga gw bisa lolos untuk tes selanjutnya.

Semangath Naun !!!


Tidak ada komentar: