Selasa, 22 November 2011

*a letter to my lovely parents*

ini ku tuliskan dan ku dedikasikan untuk kedua orang tua ku ...
semoga mereka selalu diberi kekuatan dan kesabaran atas segala macam cobaan hidup...

***********************************************************************************



andaikan aku dapat ,, aku ingin selalu membahagiakan kalian
selalu ingin membuat kalian bangga dan tersenyum saat melihatku

namun ternyata ...
belum mampu diriku melakukannya
masih terlalu banyak rengekan dan amarah yang ku beri
masih sering ku eluhkan dan ku acuhkan semua perintah kalian
durhakanya aku sebagai anak

maafkan aku ...

namun sebenarnya ...
aku selalu berusaha
menahan amarah dan mencoba mengerti pengorbanan kalian
mengurangi segala keluhan dan rengekan yang seperti bocah ini
tapi jujur ,, aku tak pandai mengungkapkan ataupun menunjukkannya

maafkan aku ...

sering kulihat betapa letihnya raut wajahmu papa
sering kucermati betapa sayangnya engkau pada ku
hingga tak sanggup kau menyuruhku melakukan sesuatu yang seharusnya aku lakukan
karena kau selalu mengerjakannya jika kau masih sanggup melakukannya
sekalipun kau letih
sungguh aku tak tega

aku hanya membatin dan menunggu panggilanmu
katakan ayah ,, katakan apa yang kau mau dariku
karena aku lebih suka kau suruh
agar aku lebih sering mendengar suara berat namun begitu lembut darimu

maafkan aku papa ...

semakin ku tinggal
semakin aku merasakan sungguh berat menjadi sosok mu mama
kerasnya sifatmu ,, lantangnya suaramu ,, tegarnya dirimu
ternyata semuanya hanya benteng dirimu
agar kau tidak terlihat rapuh
agar kau dihormati

dan semakin lama ku tinggal
aku semakin tak kuasa untuk selalu membantahmu
karena aku ingin kau lebih halus dan lembut padaku
agar anakmu ini bisa menganggapmu sahabat dan orang tua sekaligus

maafkan aku mama ...

aku hanya seorang anak yang sering berbuat salah
tapi sebenarnya aku ingin dibenarkan dengan cara yang benar
aku hanya seorang anak yang suka berbuat onar
tapi sebenarnya aku hanya berusaha menarik perhatianmu
aku hanya seorang anak yang senang membantah
tapi sebenarnya aku ingin kau mengerti cara pandangku
aku hanya seorang anak yang pemalas
tapi sebenarnya aku ingin kalian tahu bahwa aku ingin kalian sedikit saja beristirahat dan bersenang-senang bersamaku

maafkan aku pa ...
maafkan aku ma ...

sekarang anakmu ini bukan seorang anak kecil lagi
sekarang anakmu ini sudah dewasa
sekarang anakmu ini lebih berusaha bersikap lebih baik lagi
sekarang ataupun nanti aku tetap anakmu



ma ,, pa ,,
ini aku yang sedang bercerita tentang kita
ini aku yang sedang belajar tentang bagaimana menjadi anak seutuhnya
ini aku yang sedang meninggalkan sebuah catatan untuk mengingatkan semua anak di dunia ini tentang arti dari seorang anak

ma ,, pa ,,
aku janji aku akan buat mama dan papa bangga
aku ga akan bikin kalian kecewa
walau aku bukan yang terbaik di mata kalian
tapi aku akan tetap berusaha menjadi yang terbaik untuk kalian

maafin aku ya ma ...
maafin aku ya pa ...
atas perasaan yang tak dapat tersampaikan ini

***********************************************************************************

from your daughter


Ana Mawar Iriani

Tidak ada komentar: